Anak Kost Masak Sardens

Malem kemaren ceritanya saya lagi suntuk. berhubung karena lagi kangen makan ikan sardens. Ya akhirnya saya langsung cabut hunting deh. Karena ngga punya banyak uang cash dan bensin motor juga udah tinggal sedikit. Saya putuskan untuk mencari di tempat yang dekat-dekat aja.

kebetulan saya tinggal di sekitaran Kawasan Pendidikan Telkom, Dayeuhkolot Bandung akhirnya saya berhenti lah di indomaret Sukabirus karena dari depan tampilannya sangat “Eye Cathing” banget pokoknya.

Saya ambil lah sardens ikan mackerel yang merek botan saus tomat kesukaan saya. Eh ternyata di kasir barcodenya bermasalah. Karena saya lagi kepengen banget tuh ikan mackerel jadi disarankan sama mbak kasirnya untuk ganti ke merek lain. Akhirnya saya ambil yang ikan lain deh GAGA sardens saus sambal tomat seharga 5.900 (yang kecil)

Karena ngga yakin sama rasanya. Saya mampir dulu deh ke warung yang buka 24 jam di kawasan sukapura agak jauh tapi ngga apa” lah naik motor ini. hehehe

Saya membeli :
jahe 2ribu
cabai rawit 2ribu
bawang merah 2ribu
bahan lain yang dibutuhkan tapi saya sudah punya : gula, garam, panci, spatula, ulekan, kompor gas dan minyak goreng. Hehehe

ok akhirnya total belanja 6 ribu tambah sardens 6 ribu *dibulatkan total 12 ribuan lah. Akhirnya saya pulang ke kostan tercinta. :D


Sampe dirumah saya langsung kupas semua bumbu dan buka tutup sardensnya.
Gambar setelah semuanya telah selesai dan siap.


Oke kemudian saya ke dapur. Cara masaknya sebenernya ngga begitu susah. Pertama saya cuci dulu tuh bumbunya kemudian saya ulek-ulek kecuali jahe nya di pukul/geprek aja. Eh bumbu yang saya beli tadi kita ngga abisin semuanya juga ya sesuai selera aja. Kalo selera saya seperti foto diatas dengan ukuran jahe sebesar kuku jari telunjuk dan cabai rawit sebanyak 6 buah karena saya dapatnya kecil kecil.

Oke setelah selesai ngulek cabe dan bawang, saya tumis mereka bersama geprekan jahe minyak goreng dengan api sedang.


ketika saya numis bumbunya.

Setelah agak kecokelatan masukan sardens nya kedalam tumisan bumbu tadi terus tambahkan sedikit air dan besarkan api untuk membunuh bakterinya.


Gambar ketika ikan nya saya masukan. Kemudian saya masukin garam sedikit dan gula setengah sendok teh. Tinggal ditunggu aja deh sampe kuahnya agak mengental lagi sambal diaduk pake spatula.

Akhirnya selesai deh. Rasanya enak pedas manis dan jahe membuat masakans aya menjadi lebih harum dan gurih. 


Hasil akhir masakan saya

Selamat mencoba :D

[]

Komentar